Dampak Penggunaan ICT di Perpustakaan  

Posted by herro in

Kehadiran ICT di perpustakaan, selain menguntungkan juga berdampak sampingan di antaranya:

* Dapat menimbulkan pengangguran: penggunaan komputer bertujuan memperingan dan mempercepat pekerjaan, sehingga terjadi efisiensi pekerjaan karena beban kerja yang berkurang.
* Hak pribadi : kemungkinan adanya penyalahgunaan data untuk kepentingan pribadi. Adanya peluang untuk memindahkan data yang tadinya milik pribadi atau rahasia, dapat diakses oleh orang lain.
* Hak cipta : perlindungan hak cipta seseorang sulit diwujudkan. Sebuah karya atau kumpulan data dapat dengan mudah dikopi dan dimiliki oleh orang lain tanpa seizin pemiliknya. Terlebih jika bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi.
* Data tidak dapat diakses: ketergantungan pada komputer menimbulkan kelemahan bila listrik mati atau komputer terserang virus, maka data tidak dapat diakses. Fenomena pemadaman listrik akhir-akhir ini, bukan sekedar menghambat akses data, tetapi juga menimbulkan ”pengangguran” selama listrik mati.
* Menghambat pekerjaan : ketidakmampuan dan ketidakmauan pustakawan dalam menguasai teknologi dapat menimbulkan kendala dan memunculkan anggapan bahwa teknologi justru menghambat pekerjaan.

0 komentar

Posting Komentar

Link Maya

Flash 6233

Tutorial Flash

Tentang Gw

Foto saya
Gw tuh orang na sedikit so tau lah, nyebelin kata tmen gw, kata cw gw juga sih, tapi ngangenin

Jam

Kalender

Web Penghasil uang instan

Archives