Permasalahan dan solusi pada koneksi jaringan  

Posted by herro in

Koneksi Jaringan ISDN
Bagimana Standard Koneksi Jaringan ISDN – Jaringan Temporary Sebagai Backup Koneksi WAN Anda?

Koneksi ISDN menggunakan wiring yang sudah ada dari local loop ke customer. Tergantung konfigurasinya, anda akan memerlukan beberapa piranti yang berbeda untuk konfigurasi suatu koneksi ISDN, khususnya jika anda akan menghubungkan piranti yang non-ISDN seperti telpon analog.

Informasi secara umum tentang jaringan ISDN telah kita bahas sebelumnya, dan diagram koneksi jaringan ISDN bisa kita lihat pada gambar berikut ini.


Diagram Koneksi Jaringan ISDN

NT1 (Network Terminator) dalam koneksi ISDN adalah titik penghubung antara local loop dan jaringan ISDN. Sebuah Cico router bisa diklasifikasikan sebagai sebuah NT1.

Sebuah NT2 (peralatan switching jaringan) menghubungkan ke NT1. NT2 bisa menhubungkan beberapa piranti atau memilah sinyal kedalam transmisi data dan voice. NT2 pada koneksi ISDN adalah opsional.

TA (Terminal Adapter) adalah piranti apa saja yang menghasilkan traffic pada jalur koneksi ISDN. Lebih specific lagi, istilah ini pada umumnya dipakai untuk menjelaskan suatu piranti yang mengubah sinyal piranti non-ISDN ke sinyal piranti ISDN. TA pada koneksi ISDN sering disebut modem ISDN, walaupun TA tidak mengubah sinyal digital kepada sinyal analog, melainkan mengubah sinyal ISDN kepada sinyak non-ISDN.

TE2 (piranti ujung Terminal type2) pada koneksi ISDN adalah sebuah piranti compatible non-ISDN seperti sebuah komputer tanpa sebuah adapter ISDN.

TE1 (piranti ujung Terminal type1) pada koneksi ISDN adalah sebuah piranti compatible ISDN seperti sebuah router, komputer atau telephone digital ISDN.

Titik-2 referensi koneksi ISDN

Standard ISDN mendefinisikan beberapa titik-2 referensi, dimana protocol-2 yang berbeda dan piranti-2 terhubung satu sama lain. ISDN standard mengidentifikasikan koneksi-2 yang tepat dengan penunjukan interface berikut:

1. R: Interface antara sebuah TA dan peralatan non-ISDN (TE2)

2. S: Interface antara NT2 dan sebuah piranti ISDN (TE1 atau TA)

3. T: Interface antara sebuah NT2 dan NT1

4. U: Interface antara NT1 dan local loop (koneksi ISDN di tembok rumah pelanggan )

Karena secara elektrik S dan T adalah sama, interface S dan T pada koneksi ISDN sering disebut sebagai sebuah interface S/T. saat menghubungkan peralatan-2 pada koneksi ISDN, perhatikan dengan sangat teliti jenis-2 interface (R,S,T atau U) dari masing-2 piranti.

Catatan: interface S dan T adalah mirip, makanya keduanya sering disatukan dan disebut sebagai interface S/T.

Sebagai contoh, untuk membuat suatu koneksi ISDN dari suatu router, anda bisa mempunyai opsi-2 berikut (tergantung pada konfigurasi pada router):

1. Koneksikan sebuah router dengan sebuah interface S/T baik kepada sebuah NT1 atau NT2 (akan tetapi tidak secara langsung kepada local loop)

2. Koneksikan sebuah router dengan sebuah interface U secara langsung ke local loop. Jangan menghubungkan interface U kepada NT1 atau ke NT2.

3. Koneksikan sebuah router dengan serial interface (yaitu sebuah titik referensi R) kepada sebuah TA. Kemudian koneksikan TA kepada NT1 atau NT2.

Jika membuat sebuah koneksi ISDN – dengan menghubungkan perangkat ISDN, perhatikan pada titik referensi (jenis interface) dari setiap piranti. Menghubungkan piranti dengan konfigurasi interface yang salah bisa mengakibatkan disable nya komunikasi atau bahkan bisa merusakkan peralatan.

ISDN adalah protocol layer Network yang beroperasi pada konfigurasi interface hardware spesifik. Untuk alasan ini, ISDN mempunyai address pada layer Data dan juga layer Network tersendiri. ISDN menggunakan addressing sebagai berikut:

1. Service Protocol Identifier (SPID)

SPID pada koneksi ISDN adalah addressing pada layer Network yang digunakan untuk mengidentifikasikan piranti ISDN.tergantung pada implementasi ISDN tertentu, setiap piranti dapat mempunyai satu SPID atau lebih. Yang berikut adalah penetapan SPID yang umum.

Satu SPID bisa ditetapkan pada satu piranti secara keseluruhan.
Setiap channel B mempunyai address SPID tersendiri.
Setiap channel B bisa saja ditetapkan beberapa SPID.

Koneksi Jaringan ISDN - SPID address
Penyedia layanan WAN anda akan memberikan nomor address SPID untuk digunakan dalam konfigurasi router anda.

2. Terminal Endpoi
nt Identifier (TEI)

TEI (Terminal Endpoint Identifier) pada koneksi ISDN merupakan address layer Data Link dengan ISDN. TEI ditetapkan pada router oleh Switch ISDN saat terbentuknya koneksi. TEI itu semacam address MAC pada jaringan Ethernet kecuali address ini diberikan secara dinamis saat router terhuung pada Switch ISDN, yach mirip kayak proses DHCP gitu. Setiap piranti ISDN ditetapkan satu TEI.


Koneksi Jaringan ISDN - TEI address
Berikut ini adalah ringkasan bagaimana koneksi ISDN membuat proses komunikasi dengan jalan inisiali
sasi router.

1. Router menggunakan channel D untuk melakukan inisialisasi layer Data Link (layer2). TEI secara dinamis ditetapkan untuk mengidentifikasi router.

2. Router juga menggunakan channel D untuk inisialisasi layer3 (layer Network). Router menggunakan konfigurasi SPID yang sudah ditetapkan sebelumnya (bila perlu) untuk men-setup channel-2 B.

Jika ada koneksi ISDN yang lain ingin berkomunikasi dengan router, proses berikut akan dilakukan.

1. Piranti yang ingin terhubung mengirim sinyal request lewat channel D

2. Router penerima menjawab dan link akhirnya terbentuk.

3. Channel B digunakan untuk transfer data, sementara channel D dipakai dalam pemeliharaan sesi koneksi.

4. Jika transmisi selesai dan lengkap, channel D digunakan untuk proses menutup koneksi.

Setelah pengetahuan tentang koneksi ISDN sudah dipahami, jaringan ISDN siap dikonfigurasikan.

Hujan Meteor Terlihat Jelas di Wilayah Tenggara  

Posted by herro in



Perkiraan NASA tentang hujan meteor Orionid pada Rabu 21 Oktober waktu Amerika Serikat dibenarkan Kepala Observatorium Astronomi Boscha, Taufik Hidayat.Menurut Taufik, hujan meteor yang diperkirakan hadir pada Rabu pagi di AS juga bisa disaksikan di Indonesia pada waktu yang sama."Namun puncaknya sudah lewat. Di AS puncaknya terjadi pada pukul tiga dini hari atau jika di Indonesia sekira pukul empat sore tadi," kata Taufik saat dihubungi okezone, Rabu (21/10/2009) malam. Menurut Taufik, hujan meteor umumnya berlangsung selama tiga sampai empat hari. Itu sebabnya hujan meteor kemungkinan masih dapat dilihat hingga esok, namun hanya merupakan sisa-sisa dari serpihannya saja karena puncak fenomena hujan meteor ini sudah berlalu."Saat terjadi hujan meteor, umumnya terdeteksi sekira 20 hingga 30 meteor per jam. Fenomena ini bisa dilihat dari mana saja. Namun yang paling jelas adalah dengan memandang ke arah rasi Orion. Itu sebabnya hujan meteor ini disebut hujan meteor Orionid. Atau untuk lebih mudah, arah rasi Orion itu berarti melihat ke arah tenggara," terang Taufik.Menurut Taufik, fenomena hujan meteor dapat dilihat secara kasat mata tanpa alat khusus. Namun umumnya, para pengamat di Boscha sendiri melihatnya dengan menggunakan teleskop medan lebar."Selain dapat dipantau secara visual dengan mata telanjang atau ditangkap dengan kamera, hujan meteor juga dapat dilihat melalui teleskop. Boscha biasanya menggunakan teleskop medan lebar untuk melihat fenomena seperti hujan meteor. Sebenarnya ada teleskop khusus untuk melihat fenomena itu namun sayang kita belum punya. Jika ada yang bersedia menyumbang kami dengan senang hati menerimanya," ujar Taufik seraya berkelakar. Taufik juga menyebutkan, selain dapat dipantau dengan visual, hujan meteor juga bisa dideteksi dengan cara yang unik menggunakan antena radio berkekuatan antara 50 hingga 60 Mghz. Nantinya hasil pemantauan akan nampak dalam bentuk gambaran garis-garis seperti hasil deteksi kekuatan gempa. Semakin deras curah hujan meteor maka semakin jelas garis-garis yang nampak pada hasil pendeteksian. Sebaliknya ketika hujan meteor mulai berkurang intensitasnya, maka garis-garisnya pun akan semakin menipis.Orionid merupakan salah satu meteor terbesar dan paling terang yang hadir tahun ini. Sama seperti kebanyakan hujan meteor lainnya, kedatangan Orionid juga disebabkan oleh partikel yang berhubungan dengan komet, dalam hal ini komet yang dimaksud adalah komet Halley yang amat terkenal.(tyo)
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com/

MEMBUAT JARINGAN LAN SENDIRI  

Posted by herro in

Berikut adalah langkah Pembuatan Jaringan LAN sendiri

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Dua atau lebih PC
2. Network Card sesuai dg jumlah PC
3. Kabel coaxial atau UTP
4. Hub bila diperlukan
5. Terminator
6. T-Connector
Langkah-langkah pembuatan:
1. Sebelumnya anda harus mengetahui dahulu tipe jaringan yang ingin anda gunakan. Saat ini tipe jaringan yang sering digunakan adalah tipe bus dan tipe star.
1.1 Tipe Bus
Jaringan jenis ini menghubungkan secara langsung dari komp1 ke komp2 lalu komp2 ke komp3 dst. Jaringan jenis ini memang paling mudah pemasangannya dan lebih murah sehingga lebih cocok untuk home user sedangkan ia memiliki kelemahan dimana bila ada salah satu komp yang rusak maka akan mempengaruhi komp lainnya. Jaringan jenis ini menggunakan kabel coaxial yang sering kita jumpai pada kabel antena tv.
1.2 Tipe Star
Tiap komputer pada jaringan ini masing masing langsung berhubungan ke HUB dengan menggunakan jenis kabel UTP yang menyerupai kabel telpon. Misalnya komp1 ke HUB dan komp2 ke HUB. Dari HUB kemudian dihubungkan ke sebuah komputer yang bertindak sebagai server. Antara HUB juga dapat dihubungkan misalnya HUB1 yg tdr dr komp1 dan komp2 dihubungkan dengan HUB2 yang tdr dr komp3 dan komp4. Begitupula bila kita ingin memakai beberapa server, misalnya HUB tdr dari server1 dan server2 dihubungkan ke server3 yang bertindak sebagai server primer.
2. Pasanglah kabel dan network card. Pemasangan kabel disesuaikan dengan topologi/tipe jaringan yang anda pilih sedangkan pemilihan network card disesuaikan dengan slot yang ada pada motherboard anda. Bila board anda punya slot PCI maka itu lebih baik karena LAN card berbasis PCI bus lebih cepat dalam transfer data.
3. Bila anda menggunakan tipe bus maka pada masing-masing komputer harus anda pasang T-Connector yang memiliki dua input. Dan pada komputer yang hanya mendapat 1 input pada input kedua harus dipasang terminator kecuali bila anda membuat jaringan berbentuk circle(lingkaran) dimana semua komputer mendapat 2 input. Misalnya komp1,komp2,komp3 berjajar maka t-conncector pada komp1 dipasang terminator dan kabel ke komp2. Pada komp2 dipasang kabel dr komp1 dan kabel ke komp3. Sedangkan komp3 dipasang kabel dr komp2 dan terminator.
4. Bila anda memilih tipe star maka masing-masing kabel dari komputer dimasukkan ke dalam port yang tersedia di hub. Dan bila anda ingin menghubungkan hub ini ke hub lainnya anda gunakan kabel UTP yang dimasukkan ke port khusus yang ada pada masing-masing hub.
Demikianlah dasar membuat lan sendiri. Berikutnya anda harus mempelajari bagaimana cara mensetting jaringan seperti berbagi printer atau berbagi file yang akan dibahas pada bab lain.

Bahaya Asap Rokok  

Posted by herro in

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

Alergi udara dingin  

Posted by herro in

Jika tubuh terlalu lama terpapar udara dingin, Anda memang lebih mudah terserang flu. Parahnya, bagi penderita alergi, di kala udara berada pada temperatur rendah, munculnya flu dapat berbarengan dengan gejala alergi.

Menurut James Li, M.D., spesialis alergi dan asma dari Mayo Clinic, menghirup udara di hawa dingin terlalu lama, dan tanpa ‘dibentengi’ baju hangat, memang dapat memicu alergi dingin.

Gejala awal, udara dingin menyerang daya tahan tubuh, yang menstimulasi produksi lendir di saluran pernapasan. Selanjutnya, udara dingin bisa menyerang jaringan di bagian hidung. Saluran di jaringan hidung pun melebar. Akibatnya, jaringan dalam hidung pun membengkak, yang membuat hidung tersumbat.

Hawa yang sangat dingin juga dapat memicu reaksi asma. Bagi penderita asma, ada baiknya mengenakan baju hangat sebelum terpapar udara dingin.

Selain itu, ada alergi udara dingin lain yang lebih parah yaitu urtikaria. Kondisi tersebut di sini lebih dikenal dengan sebutan biduran. Cukup banyak kasus alergi dingin jenis ini terjadi, karena keadaan negara kita beriklim tropis. Yang terbiasa dengan cuaca panas. Pada beberapa orang memiliki jaringan kulit yang sangat sensitif pada histamin, lebih rentan mengalami alergi dingin.

Timbulnya biduran akibat alergi dingin disebabkan mekanisme pertahanan tubuh yang bereaksi secara berlebihan mengeluarkan histamin. Yaitu , suatu senyawa kimia yang menyebabkan timbulnya gejala alergi. Mulai dari keluhan gatal, rasa terbakar atau tertusuk, hingga sesak napas. Pada kulit tampak bercak kemerahan dan bengkak (edema) setempat, berbatas tegas dan terkadang bagian tengah tampak lebih pucat .

Gatal juga dapat terjadi akibat rangsangan udara dingin. Bentol yang timbul bisa muncul hanya di tempat yang terpapar dingin saja tapi juga bisa di seluruh badan. Histamin juga dapat mempengaruhi pipa saluran napas untuk menyempit yang menimbulkan sesak napas atau menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga timbul syok.

Bagi Anda yang mengalami alergi dingin seperti di musim hujan ini, upaya yang dapat dillakukan untuk mengatasinya, adalah:

-Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit , oleskan bedak dingin/ lotion yang mengandung calamine dan anti histamin .

-Obat untuk mengatasi keadaan ini adalah obat golongan antihistamin. Pada keadaan akut, selain antihistamin, kadangkala juga diperlukan obat golongan steroid. Cara menghindari timbulnya gejala akibat alergi dingin adalah dengan menghindari kontak dengan udara atau air dingin.

- Agar tidak mudah kambuh, kenakan pakaian tebal, yang mampu menangkal cuaca dingin. Sebaiknya, mandi dengan air hangat, terutama saat musim penghujan.

-Istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh tidak mudah drop.

-Bila gejala menetap disertai sesak nafas segera hubungi dokter .

Kasus Tanjung Priok dalam pendekatan Sosio Budaya  

Posted by herro in

Ketika berbicara tentang sosio budaya, maka fokus perhatian kita adalah pada proses interaksi manusia, bukan pada karakteristik perorangan. Kalau kita lihat kasus Tanjung Priok misalnya, terdapat dua pihak yang saling berinteraksi. Yakni pihak Satpol PP dan pihak ahli waris tanah makam mbah Priok. Satpol PP yang merupakan singkatan dari Satuan Polisi Pamong Praja, adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketenteraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Satpol PP dapat berkedudukan di daerah provinsi dan daerah Kabupaten/Kota. Di daerah provinsi, Satpol PP dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah. Organisasi dan tata kerja Satpol PP ditetapkan dengan Peraturan Daerah, sehingga antar daerah bisa saja memiliki nama, organisasi dan tata kerja yang berbeda.
Jadi sesungguhnya pihak Satpol PP adalah perpanjangan tangan dari pemerintah. Dialah yang menjadi ujung tombak dalam proses eksekusi tanah makam. Satpol PP melaksanakan tugas berdasarkan instruksi Gubernur DKI Jakarta. Satpol PP hanyalah menjalankan peran pemerintah.
Pihak ahli waris yang didukung oleh masyarakat setempat, sudah menjalin komunikasi yang solid diantara mereka. Bahkan timbul budaya ziarah ke makam mbah Priok. Masyarakat setempat memberi makna yang sakral kepada makam mbah Priok, sehingga muncul nilai-nilai kolektif seperti mengeramatkan makam, memelihara, mempertahankan eksistensi sampai mempertaruhkan nyawa.
Di tengah investigasi kasus mbah Priok, ragam rumor berkeliaran. Misalnya soal dana Rp 11 milyar yang dikucurkan PT Pelindo II kepada Satpol PP untuk melakukan penggusuran makam. Rumor ini melengkapi issu sebelumnya perihal bermainnya mafia tanah dalam rencana penggusuran itu. Fenomena ini menunjukkan bahwa budaya KKN telah melahirkan tindakan dengan segala cara, termasuk kekerasan.
Secara keseluruhan kita bisa melihat pada fenomena Priok, bahwa dalam berkomunikasi, seseorang memengaruhi dan dipengaruhi makna, peran , aturan dan nilai-nilai kolektif. Itulah salah satu perpektif sosio budaya dalam kasus Tanjung Priok.

Pembuatan Multimedia Game  

Posted by herro in

“Desain Karakter dan Berbasis Multimedia dalam Game Majapahit”.
Real Time Strategy (RTS) merupakan salah satu cabang game strategi yang memiliki cara bermain secara berlanjut dalam satu waktu dengan pemain lainnya. Pada dasarnya game RTS memiliki unsur strategi bagaimana cara mengalahkan musuh dengan menggunakan unit maupun kekuatan yang masing-masing dimiliki oleh pemain. Salah satu contoh cikal bakal dari game strategi adalah catur, catur memiliki beberapa kemiripan dengan game RTS antara lain karena cara bermain yang cukup serupa. Dengan kata lain, RTS merupakan jenis game strategi yang selalu diminati dan terus berinovasi hingga sekarang.
Pada umumnya game RTS adalah permainan adu ketangkasan strategi berperang, pada game ini kita ditandingkan dengan satu lawan atau lebih untuk meraih kemenangan ataupun menuntaskan misi. Game RTS memiliki beberapa unsur yang teramat penting untuk diterapkan sepanjang jalan cerita, antara lain adalah penggunaan sudut pandang perspektif bird eye view. Sudut pandang ini memberikan kejelasan dan keleluasaan untuk memantau seluruh area yang kita miliki atau dapat digunakan juga untuk memantau musuh-musuh yang ada disekitar kita. Unsur penting lainnya adalah karakter game yang menentukan jalannya cerita dengan tugas-tugas yang berbeda, kekuatan yang berbeda dan kekhasan karakter yang tercemin melalui proporsi tubuh, busana dan senjata yang ia gunakan. Arsitektur dan berbagai properti didalamnya akan mencerminkan keunikan dari game dan menjadi suatu visual treatment atau eye candy tersendiri untuk mengundang rasa penasaran dari penggemar game RTS. Unsur-unsur yang dimiliki oleh game RTS untuk menampilkan keanekaragaman unsur visual seperti arsitektur, karakter, busana, senjata dan lingkungan dalam sebuah game, menjadikan game berjenis ini sangat cocok digunakan untuk memvisualisasikan cerita bertema peperangan.
Game RTS memiliki unsur-unsur yang mendukung cerita kesejarahan dan latar belakang yang dimiliki oleh kerajaan Majapahit dengan keanekaragaman budaya visualnya. Selain menjadi suatu media hiburan, game ini akan menjadi suatu media inventarisasi mengenai kekayaan budaya Indonesia dengan konteks arsitektur, karakter, busana, senjata dan lingkungan seputar kerajaan Majapahit.
sumber google.com
http://zeckozo.blogspot.com/2010/04/pembuatan-multimedia-game.html

Langkah pembuatan Game Multimedia ( 1 )  

Posted by herro in

pembuatan game

Artikel ini membahas tentang pembuatan game di Flash. Dengan pendekatan langsung praktek dan step-by step. membuat game sederhana bertipe space shooter atau 2D vertical shooter atau Shoot ‘em up. Sebuah jenis permainan yang sudah dikenal semua orang sejak zaman dulu.. masih inget khan ama game 1942 di mesin Arcade atau Raptor zaman DOS dulu?
Tiap2 step dari arikel ini disertai source code fla tersendiri, sehingga anda bisa mengikutinya dengan runtut. Karena setiap step akan membuat file sorce bertambah kompleks dengan modifikasi dari file source sebelumnya.

Mengapa dipilih game bertipe space shooter? Alasannya karena konon dari sisi teknis game tipe ini adalah game action seru yang relatif termudah untuk diimplementasikan.
Bagi pemula, semoga artikel ini dapat membuka wawasan tentang flash gaming.

Flash yang digunakan dalam artikel ini adalah Macromedia Flash MX. Dengan bahasa pemrograman ActionScript 1.0
Sebelum membaca artikel ini, setidaknya anda telah mengenal dan memiliki pengetahuan flash dasar, serta lebih baik lagi adalah pengetahuan dasar ActionScript. Karena inti pembuatan flash game adalah pemrograman ActionScript.

Artikel dibuat berseri sesuai dengan tingkatan. Untuk seri pertama (bagian 1).Akan dijabarkan dasar pembuatan game pesawat dengan gerakan dasar.

Dan untuk pertanyaan, ada yang kurang jelas, kritik, saran, masukan silakan tulis lewat kotak komentar di bawah. Marilah kita belajar bersama..

Ok langsung saja kita mulai.
Menyiapkan Stage & Pembuatan Obyek Utama

Pertama2 kita tentukan ukuran bidang permainan.
kemudian set frame rate-nya (fps). frame rate adalah dalam satuan frame per second (fps). Semakin besar nilainya, maka semakin halus animasinya. Nilai defaultnya 12, Saya ganti dengan 30. Kenapa perlu diganti, karena 12 dirasa terlalu kecil, sehingga gerakan menjadi kurang mulus.

Obyek yang kita kendalikan adalah sebuah pesawat tempur. Jadi sebelumnya kita harus menggambar sebuah pesawat di stage. Emm saya rasa cukup susah menggambar pesawat yang keren kalo cuman dibayangkan aja.. untuk itu Biar bagus, kita butuh model sebagai contoh.
Saya suka model2 pesawat klasik jaman PD II, saya mengambil model salah satu gambar pesawat nazi jerman dari wikipedia, lalu menggambarnya ulang dengan sedikit modifikasi.

oia tidak perlu dibuat detil2 dulu, sederhana aja.. karena nanti pada tahap finishing baru obyek pesawat ini disempurnakan penampilannya. Kita tentu tidak mau membuang2 waktu dengan men-switch otak kita menjadi “designer mode”.. padahal lagi anget2nya dalam “programmer mode”.. hehe
bahkan pesawatnya cukup kotak2 aja, asal udah berbentuk pesawat.. urusan desain bisa dikerjakan belakangan ato kalo anda tidak suka menggambar, bisa diserahkan ke orang lain sebagai desainer.
Menggerakkan Obyek Utama

Ok sekarang mulai tahap menggerakkan obyek
Ubah ukuran pesawat sesuai keinginan (transform) dan konversi ke movieclip, beri nama “pesawat”.

Pada field instance name, beri nama, aku isi dengan nama pesawat_player.
Obyek perlu diberi nama agar bisa dikenali pada saat scripting. pesawat_player adalah instance name dari movie clip.

klik pesawat_player dan buka panel actions, atau tekan F9 (ingat2lah F9 karena nantinya tombol ini sering digunakan), lalu tulis kode berikut:

onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
// gerak ke kanan
this._x = this._x + 4;
}
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
// gerak ke kiri
this._x = this._x - 4;
}
if (Key.isDown(Key.UP)) {
// gerak ke atas
this._y = this._y - 4;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
// gerak ke bawah
this._y = this._y + 4;
}

}


Perhatikan bahwa actionscript adalah case sensitive, artinya kita harus memperhatikan penulisan huruf besar dan kecil pada nama variabel dan kata kunci.

kalo udah, coba jalankan dengan Ctrl+Enter
nah obyek akan dapat digerakkan dengan keyboard. Ini adalah dasar, mudah bukan

Penjelasan Skrip

Penjelasannya begini, tiap2 obyek movieclip punya properti _x, dan _y yang menunjukkan posisi koordinat di layar.

Pada tiap2 kondisi penekanan tombol keyboard, Obyek Key dengan event isDown, maka koordinat obyek ditambahkan/dikurangi 4.
Misalnya jika ke kanan maka this._x = this._x+4;

this menunjukkan obyek itu sendiri, yaitu pesawat_player..
Karena skrip merupakan actions pada pesawat_player, maka current timeline saat itu adalah pesawat_player. this untuk menyebutkan dirinya sendiri, yaitu pesawat_player (current timeline).
jadi this._x maksudnya adalah koordinat _x dari this (pesawat_player)..Ini adalah penyebutan dengan menggunakan relative path.
dalam terminologi pemrograman berorientasi/berbasis obyek, this adalah instansi obyek movieclip dan _x adalah properti atau atribut..

obyek2 membentuk hirarki dengan _root sebagai paling atas
+root
+–pesawat_player

coba ganti baris
this._x = this._x + 4;

dengan

_root.pesawat_player._x = _root.pesawat_player._x + 4;

jalankan dan perhatikan..

_root.pesawat_player adalah absolute path dari Movieclip pesawat_player.

Jika kode kita berada pada pesawat_player (jika current timeline adalah pesawat_player) maka secara relative path, MovieClip pesawat_player cukup disebut dengan this.

Absolute path bersifat relatif terhadap _root, sehingga selalu dimulai dari _root.

apakah penjelasan ini membingungkan anda? bagi anda yang pernah mempelajari pemrograman atau pemrograman OOP sepertinya tidak masalah, tetapi bila tidak lanjutkan saja walaupun masih abu2.

Pengantar Jaringan Komputer - LAN  

Posted by herro in


Kemajuan teknologi komputer sebagai pengolah data berkembang semakin cepat. Sejak terjadi penggabungan teknologi komputer dengan teknologi komunikasi, maka pengolahan data yang semula saling terpisah (stand alone) antar unit komputer sekarang dapat saling dihubungkan melalui suatu sistem jaringan komputer (komputer network). Bila komputer yang saling berhubungan berada dalam satu lokasi yang sama maka disebut Local Area Network (LAN). Namun jika banyak terdapat LAN yang terpisah dibeberapa tempat yang secara geografis cukup jauh dan saling berhubungan disebut juga jaringan namun cakupannya lebih luas, atau disebut dengan Wide Area Network (WAN).

Konsep Dasar Jaringan

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources).
Sistem pemasangan jaringan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
  1. Jaringan Terpusat
    Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat atau disebut Server. Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat. Dan komputer pusat tugasnya melayani permintaan akses dari workstation.
  2. Jaringan Peer-to-Peer
    Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base). Pada masing-masing komputer workstation terdapat media penyimpanan (hard disk) yang berfugsi sebagai server individu.

Pemanfaatan Jaringan Komputer

Pembentukan sebuah jaringan komputer sangan erat dengan manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya jaringan tersebut.
  1. Bagi pakai (sharing) peralatan (resources)
    Dengan adanya jaringan komputer, maka pemakain beberapa peralatan komputer seperti printer, hard disk, disket, scanner, CD-ROM dan lainnya dapat dilakukan bersama-sama saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi peralatan yang terpasang tersebut.
  2. Bagi pakai software
    Hampir dalam setiap organisasi, kemampuan dalam melakukan bagi pakai berkas atau file data diperlukan setiap hari. Beberapa tipe software PC, khususnya program manajemen basis data atau database, didesain disamping agar bisa dipakai oleh satu pemakai, juga dimungkinkan untuk dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dalam waktu yang bersamaan. Atau dengan kata lain, untuk mengakses dan meng-update file-file tadi. Paket yang lain, seperti program pengolah data (word processor) dan spreadsheet, kebanyakan didesaian hanya untuk satu pemakai yang dapat meng-update file.
  3. Komunikasi
    Kominikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail atau tele conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus pindah dari tempat kerjanya. Selain itu pemakai e-mail dapat menekan pemakaian pulsa telepon.
  4. Pemrosesan terpusat (terdistribusi)
    Didalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat atau secara terdistribusi. Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya, pemrosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesialisasi bidang kerjanya.
  5. Keamanan data
    Keamanan data dapat diatur oleh supervisor (administrator) dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat.
  6. Akses internet bersama-sama
    Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana yang cukup besar.

Komponen Perangkat Keras

Tidak peduli apakah anda sudah memiliki sebuah network atau berniat menginstalasi network baru, anda perlu mengetahui komponen-komponen perangkat keras yang digunakan.

Server


Komputer yang menjalankan sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai server. Server menyediakan file, printer dan pelayanan lain untuk client. Ada dua buah jenis server, yaitu :
  • Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.
  • Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.
Dari fungsinya, server dapat digunakan :
  • Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada hard disk-nya
  • Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation
  • Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama
  • Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai network
  • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan hard disk server atau hard disk pada workstation
  • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.

Workstation


Komputer yang terhubung ke server dan dapat mengakses data dari server. Workstation menjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari network yang ada. Pada kenyataannya workstation digunakan oleh pemakai secara langsung.

Network Interface Card (NIC)


NIC atau adapter network adalah sebuah komputer hardware yang mutlak dibutuhkan jika kita menginginkan merakit jaringan komputer menggunakan media penghubung kabel. NIC berfungsi menghubungkan server ke sistem pengkabelan network. Berdasarkan tipe slot pada motherboard dibedakan menjadi dua jenis:
  • Tipe slot ISA (slot warna hitam/coklat, lebih panjang)
  • Tipe slot PCI (slot warna putih, lebih pendek)

Switch/Hub (Concentrator/Repeater)


Sistem pengkabelan yang paling populer untuk Network Ethernet menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) atau kabel terpilin yang terbuka dengan konektor yang mirip dengan konektor telepon. Ini disebut dengan 10BaseT. Untuk setiap adapter network pada setiap server atau workstation, salah satu dari kabel-kabel ini berhubungan ke Hub/Switch atau pusat pengkabelan.

Bridge, Router Dan Gateway


Bridge berfungsi menghubungkan dua network dengan mentransfer data diantara network tersebut. Sebagai contoh, bridge bisa menghubungkan segmen kabel dari arsitektur Token Ring dengan arsitektur Ethernet, atau menghubungkan dua segmen Ethernet menjadi satu. Bridge mampu mengurangi lalu lintas dengan hanya mengirimkan data yang benar-benar diniatkan untuk komputer tujuan. Bridge pintar (intelligent bridge) bisa berbuat lebih baik lagi dengan menyaring atau hanya mengirimkan paket-paket tertentu ke tujuan.

Uninterrutible Power Supply (UPS)


Sudah jelas UPS tidak hanya digunakan oleh network. Anda bisa juga menggunakannya pada setiap alat yang membutuhkan aliran listrik alternatif. UPS adalah alat yang sangat penting bagi perusahaan yang menggunakan komputer untuk produktifitasnya dan tidak ingin kehilangan data atau waktu kerja pegawai. Pada setiap keadaan yang bisa dibayangkan, melalui UPS adalah investasi yang menguntungkan untuk setiap workstation, hub, dan server pada network.

Printer Dan Peripheral Lain

Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server.
Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat.

Link Maya

Flash 6233

Tutorial Flash

Tentang Gw

Foto saya
Gw tuh orang na sedikit so tau lah, nyebelin kata tmen gw, kata cw gw juga sih, tapi ngangenin