Tips Merawat Piranti Keras pada Laptop 3  

Posted by herro in

  1. Pengelolaan Daya Listrik dan Pemeliharaan Baterai
    • Sebaiknya gunakan stabilizer atau stavolt atau UPS (Uninterruptable Power Supply) antara colokan listrik dan laptop ntuk mencegah kemungkinan adanya tegangan listrik yang tidak stabil atau naik turunnya tegangan pada laptop.
    • jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti atau charger yang digunakan sebaiknya buka kembali buku manual untuk melihat spesifikasi baterai dan charger yang digunakan atau hubungi produsen laptop tersebut.
    • Baterai laptop dapat bertahan selama dua jam tanpa bergantung pada AC Adapter untuk pemakaian normal.
    • Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali sebaiknya baterai diisi dan dikosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut. Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, Anda harus mengosongkan setiap minggu/bulan sekali.
      Apabila ingin menyimpan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya lepas baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Agar tidak lembeb, letakkan gel silikon di sebelahnya sehingga terhindar dari jamur. Pada saat Anda ingin menggunakan kembali baterai tersebut, charge baterai dengan cara mengisi dan megosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
    • Jangan mematikan laptop saat lampu indicator hard disk masih berkedip-kedip. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat laptop dimatikan) akan berakibat kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power atau baterai. Daya listrik yang mendadak mati dapat meyebabkan hard disk bermasalah.
    • Jangan men-charge baterai terus menerus ketika baterai telah terisi penuh.
  2. Amankan KameraSebaiknya juga mematikan fungsi kamera ini jika memang tidak digunakan. Sebab hal ini juga dapat sedikit menghemat daya pada baterai. Dan tambahan lagi jangan membuat foto-foto ‘syur’ dengan kamera laptop. Sebab jika tidak hati-hati, foto Anda tersebar di internet.
  3. Amankan Bluetooth dan WiFiSetelah selesai melakukan transfer file menggunakan Bluetooth atau WiFi, sebaiknya segera non aktifkan kembali fitur ini, baik hardware dan softwarenya. Penggunaan fasilitas seperti WiFi atau Bluetooth akan meningkatkan konsumsi baterai. Salah satu trik untuk menghemat baterai adalah mematikan fungsi-fungsi tersebut. Selain untuk menghemat baterai, dengan mematikan Bluetooth dan WiFi Anda juga dapat terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin mengirimkan virus dari orang tak dikenal yang kebetulan mendeteksi laptop Anda.
  4. Jangan Membongkar Laptop SendiriJangan pernah berusaha membongkar laptop sendiri terutama bagi Anda yang masih awam. Bayak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika ceroboh, bisa-bisa malah laptop Anda rusak parah.Kecuali jika Anda memang ingin memasang komponen-komponen yang peletakannya memang sudah tersedia untuk dapat dibuka oleh pengguna.

0 komentar

Posting Komentar

Link Maya

Flash 6233

Tutorial Flash

Tentang Gw

Foto saya
Gw tuh orang na sedikit so tau lah, nyebelin kata tmen gw, kata cw gw juga sih, tapi ngangenin

Jam

Kalender

Web Penghasil uang instan

Archives