Tips Merawat Piranti Keras pada Laptop 2  

Posted by herro in

  1. Membersihkan Laptop
    • Sebaiknya baca petunjuk cara membersihkan laptop yang sesuai dengan laptop Anda.
      Kotoran yang mengumpul di dalam laptop antara lain adalah rambut binatang peliharaan, debu, abu rokok, dan sisa-sisa kotoran lain. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja kipasdan menyebabkan masalah pada port I/O (Input Output).
    • Eksterior Laptop
      Tangan yang kotor dan berminyak dapat menyebabkan casing laptop menjadi kusam. Pakailah deterjen yang tidak mengandung zat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa.
      Gunakan kain yang lembut dan agak lembab seperti kaos katun untuk membersihkan casing laptop tanpa menggunakan cairan keras yang mengandung amonia untuk membersihkan laptop. Jangan menggunakan kain pembersih yang kasar dan jangan menyemprotkan cairan pembersih apapun secara langsung pada laptop, semprotkan cairan terlebih dahulu pada kain pembersih.
    • Layar Laptop
      Matikan laptop sebelum membersihkan layar,kotoran lebih mudah terkihat pada saat layar dalam keadaan mati. Gunakan kain yang tidak kasar seperti kaos katun, dan jangan pernah menggunakan tisu atau kertas pembersih. Jangan menggunakan pembersih yang mengandung ammonia karena akan meninggalkan bercak pada layar. Anda dapat menggunakan pembersih khusus layar dalam bentuk semprot atau sikat lembut yang sudah mengandung cairan pembersih khusus layar dan jangan pernah menyentuh layar laptop, apalagi dengan benda tajam.
      Gunakan kain lembut yang dibasahi cairan pembersih. Selalu semprot ke kain terlebih dahulu baru menyeka layar secara searah. Ketika menyeka layar jangan menekannya terlalu keras, karena LCD dibentuk oleh cairan kristal sehingga permukaannya tipis dan rapuh.
      Anda dapat membuat cairan pembersih sendiri menggunakan air dan isopropyl alcohol dengan komposisi yang imbang. Jangan gunakan cairan pembersih plastik atau glass cleaner sembarangan karena dapat merusak lapisan pelindung yang berfungsi mencegah sinar matahari.
      Alat pembersih laptop yang praktis berbentuk batangan juga sudah banyak dijual di Indonesia, yaitu LensPen Laptop yang digunakan untuk membersihkan layar dan keyboard.
    • Drive CD/DVD
      Gunakan CD atau DVD pembersih yang dilengkapi dengan cairan pembersih untuk membersihkan Drive CD atau DVD. Anda juga dapat menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan head untuk membaca CD atau DVD.
    • Kipas Pendingin
      Gunakan pompa udara untuk membersihkan kipas pendingin.
    • Port I/O
      Gunakan kain katun penyeka untuk membersihkan kotoran yang telah terkumpul pada port ini. Hati-hati agar kotoran tidak tertiup memasuhi Port I/O. biasanya bagian paling kotor adalah konektor daya dan USB, tapi tidak menutupi kemungkinan konektor COM, Ethernet port dan port kabel telepon juga tertumpuk kotoran.
    • Keyboard
      Pakailah kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portable untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.

0 komentar

Posting Komentar

Link Maya

Flash 6233

Tutorial Flash

Tentang Gw

Foto saya
Gw tuh orang na sedikit so tau lah, nyebelin kata tmen gw, kata cw gw juga sih, tapi ngangenin

Jam

Kalender

Web Penghasil uang instan

Archives